Tuesday, January 13, 2009

Tipe Kepribadian Kita


Ehem, ternyata sifat dan prilaku kita mencerminkan kepribadian kita. Wah kayak apa tuh ??? yuk mari kita simak ulasan aku berikut ini !!

Dari Wikibooks, sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia. Salah satu teori mengenai tipe kepribadiaan manusia berasal Socrates tyang membagi berdasar cairan tubuh yang dominant. Pembagian tipe kepribadian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Sanguinis

  • Melankolis

  • Kholeris

  • Phlegmatis


Orang sanguinis adalah orang yang popular. Suka cerita, banyak omong, dan selalu menjadi pusat perhatiaan dari orang-orang di sekitarnya. Orang sanguinis gampang bergaul dan mudah berteman. Salah satu kelemahannya adalah sifatnya yang moody atau tergantung suasana hati. Kadang ia cepat gembira, namun tiba-tiba menangis, atau sebaliknya. Profesi yang berkutat di bidang entertainment/hiburan biasanya diwarnai denga orang-orang yang bertipe sanguinis.


Orang melankolis adalah orang yang perfeksionis. Suka akan hal-hal yang detil dan membutuhkan ketelitian. Salah satu kelemahan orang melankolis adalah karena sifatnya yang terlalu perfeksionis, kadang-kadang suka menunda-nunda pekerjaan sampai terciptanya suasana yang sempurna. Orang yang bekerja di bidang penelitian/riset biasanya bertipe melankolis.


Orang kholeris adalah orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Punya wibawa, punya kemauan kuat, serta biasanya gampanga menyuruh-nyuruh orang lain. Kelemahannya tidak semua orang semua mau disuruh-suruh. Orang yang menjadi pemimpin/manajer biasanya bertipe kholeris.


Orang phlegmatic adalah orang yang cinta damai. Sifatnya mengalah, tidak mau terlibat dalam perdebatan. Kelemahannya antara lain karena terlihat lemah, kadang-kadang dipermainkan oleh orang lain. Orang phlegmatic biasanya ada di profesi-profesi yang tidak banyak konflik.


Eh kawan, makasih yah udah berkenan membaca posting ini. Jangan lupa berkomentarlah, ekspresikan tentang “How you are” dan “What yours hobby”.. kita sharing sama-sama disini… Okehhhh…..

0 komentar:

Post a Comment

BUDAYA BERKOMENTAR SANGAT BAIK... AYO BERKOMENTAR!!

Follow Twitterku

Tukar Link Blog Yuk