Tuesday, January 13, 2009

Kunci Sukses dari Motivasi Hidup


The secret of good feeling atau rahasia perasaan yang baik. Sebagai manusia wajib mempunyai perasaan yang baik, positif atau husnudzon kepada sesamanya. Orang yang berperasaan baik atau orang yang ingin hidupnya baju adalah orang yang memiliki jiwa yang sukses dan survive dalam kehidupannya.

Apakah yang membedakan antara sukses dan survive ??

Sukses, sebuah kata yang mempunyai banyak makna yang terkandung di dalamnya. Sukses, jika seseorang dapat meraih apa yang dicita-citakan dengan usaha yang dilakukannya sendiri dengan maksimal. Sukses juga berarti keberhasilan pencapaian seseorang. Dan sukses juga berarti sesorang itu telah menemukan apa yang ia cari, ia impikan di dalam hidupnya dan jika ia telah sukses maka ia akan membantu orang di sekitarnya menuju kesuksesan juga. Bisa disebut simbiosis mutualisme dalam pencapaian kesuksesan bersama.

Sedangkan survive, sebuah makna penting di dalam kehidupan kita. Survive, merupakan semangat untuk tetap bertahan dalam kehidupan. Di dalam kehidupan survive sangat berpengaruh penting untuk kelangsungan hidup kita ke depan. Seseorang yang ingin meraih kesuksesan atau mendapat kesuksesan di hidupnya harus mempunyai semangat hidup yang tinggi. Orang yang tidak mempunyai semangat hidup maka ia mudah down, putus asa, terseleksi dalam komunitasnya, dan di anggap remeh orang lain. Sehingga jika Anda ingin meraih sukses maka tanamkanlah survive pada diri Anda. Ganti mainset Anda untuk berpikiran maju, pantang menyerah karena hanya dengan survive itulah kita dapat bertahan hidup layaknya saat ini.


KAYA REZEKI adalah :

  1. Harta

  2. Tahta

  3. Kata

  4. Cinta


Tips.1 : S E M A N G A T !

Semangat Kaya :

Orang kaya ber TEKAD menjadi kaya

Orang miskin INGIN menjadi kaya


Orang kaya bersemangat pada KESEMPATAN

Orang miskin bersemangat pada HAMBATAN


Maksudnya semua itu adalah orang yang hidupnya ingin sukses atau ingin menjadi kayapun maka ia akan bertekad bulat untuk meraih impiannya itu. Dan orang yang cerdas maka ia akan bersemangat untuk mengejar dan melakukan segala kesempatan yang ada di depan mata. Karena sebuah kesempatan tidak akan terjadi berulang kali. Orang yang bijak dan cerdas akan memanfaatkan segala kesempatan yang ada untuk kebaikannya dan kesuksesannya.

Sedangkan mengapa di dunia ini banyak terdapat orang yang miskin ? Faktor ini disebabkan karena orang yang jatuh miskin atau terpuruk dalam kegagalan hanya berpikiran bahwa ia hanya ingin kaya dan ingin kaya saja. Sehingga ia akan melakukan apapun demi meraih kekayaan meskipun banyak hambatan, ataupun jauh dari kehalalan. Mereka tidak mau untuk memanfaatkan peluang yang baik. Mereka tidak mau mencari peluang yang jitu dalam hidupnya. Mereka tidak mau memanfaatkan kecerdasan otaknya karena mereka hanya memnfaatkan seluruh energinya. Padahal di era globalisasi ini kita dituntut untuk cerdas dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Kita dituntut untuk berpikir cerdas dan tepat. Bukan hanya bekerja keras saja. Sehingga jika kita ingin raih kesuksesan, maka ubahlah mainset kita untuk berpikir cerdas, maju, cepat dan tepat. Bagaiman menurut Anda ? Setujukah ?

“Dengan alas an dan tekad yang kuat, nyata dan cerdas maka kita telah menjauhi kesengsaraan dan mendekati kenikmatan”


Tips.2 : K E B I A S A A N !

PERHATIKAN . . .

Perhatikan pikiran Anda,

karena ia akan menjadi kata-kata.

Perhatikan kata-kata Anda,

karena ia akan menjadi tindakan.

Perhatikan tindakan Anda,

karena ia akan menjadi kebiasaan.

Perhatikan kebiasaan Anda,

karena ia akan menjadi karakter.

Perhatikan karakter Anda,

karena ia akan menjadi nasib Anda.


Kebiasaan Kaya

>> Orang kaya MEMBUAT NILAI TAMBAH

Orang makin mebuat SEDIKIT NILAI TAMBAH

>> Orang kaya penuh DAYA UPAYA

Orang Miskin penuh ALASAN

Maksudnya, orang yang kaya dan penuh kecerdasan maka di hidupnya ia akan berusaha untuk membuat di setiap moment hidupnya berarti dengan pencapaian sebuah prestasi misalnya. Sehingga nilai tambah di hidupnya semakin berarti dan ini juga yang membuat sesorang akan memberi sebuah kepercayaan kepadanya. Karena orang yang seperti ini mau untuk bekerja cerdas penuh daya upaya demi memperjuangkan setiap kesempatan baik dan berpeluang di hidupnya. Kebiasaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Terapkan K2NL saya yaitu Keyakinan, Kemauan, Niat dan Lakukan sebuah kesempatan indah dalam hidup Anda. Karena sebuah kesempatan itu tidak dapat terulang lagi. Waktu tak bisa berputar balik! Ubah pikiran Anda, tindakan Anda, kebiasaan Anda, karakter Anda, karena semua itu berpengaruh kepada nasib Anda. Sukses atau tidak tergantung Anda sendiri…

Sedangkan orang yang miskin adalah tidak selalu di nilai dari seberapa banyak nilai materiilnya. Namun orang yang dikatakan miskin adalah orang yang tidak mau untuk berkerja cerdas, mencari dan memanfaatkan peluang hidupnya. Ia hanya bergelut di satu bidang saja. Sehingga nilai tambah hidupnya tidak berarti apa-apa. Biasanya orang yang berkarakter seperti ini adalah orang yang tidak mau berupaya, banyak alas an dan malas. Hal seperti ini tidak patut dicontoh bukan???


TIPS : MEMBENTUK SEBUAH KEBIASAAN

  • Repetisi / pengulangan

  • Figur berpengaruh

  • Emosi yang kuat

  • Relaksasi


Tips.3 : P E R G A U L A N !


Pergaulan Kaya

Orang kaya BERGAUL dengan ORANG POSITIF DAN SUKSES

Orang miskin BERGAUL dengan ORANG NEGATIF DAN TIDAK SUKSES

Orang kaya memastikan ORANG LAIN UNTUNG baru dia UNTUNG

Orang miskin membuat DIA dulu UNTUNG, baru orang lain untung


Maksudnya, orang yang hidupnya tentram, sejahtera dan sukses adalah orang yang pergaulan hidupnya bersama orang yang positif dan sukses. Karena orang positif dan sukses tidak akan membiarkan temannya terpuruk dalam kemiskinan atau kegagalan. Ia akan membantu temannya itu, kemudian mengajak untuk menuju sukses bersama-sama. Jadi sebuah pergaulang sangat berpengaruh demi kesuksesan kita.

Sedang orang yang miskin adalah orang yang mementingkan dirinya sendiri. Dia hanya berpikiran bahwa aku harus sukses baru orang itu boleh mengikutiku. Pergaulannya pun tidak baik, ia suka dengan orang yang negatif dan tidak sukses. Sehingga hidupnya pun ikut-ikutan susah. Apakah Anda mau seperti ini ? Tidak bukan ? Dan jangan sampai ini terjadi di hidup kita.

So, pergaulan kita sehari-hari sangatlah penting dan mempengaruhi kunci sukses dan keberhasilan kita. Bergaullah dengan orang yang baik, positif dan sukses agar kita tertular kebaikan itu. Betul tidak ?
















SIKAP KAYA

Orang kaya Penerima yang luar biasa

Orang miskin penerima yang buruk


Orang kaya bahagia berbagi

Orang miskin bahagia menerima


[ TO BE CONTINUED ]




Sumber :

Handout seminar Q-Sukses Manajemen Indonesia

Tempat : Perpustakaan kampus C – Universitas Airlangga, Surabaya

By : Zen Abidin

Rewritten by : Wilda Chusnia

0 komentar:

Post a Comment

BUDAYA BERKOMENTAR SANGAT BAIK... AYO BERKOMENTAR!!

Follow Twitterku

Tukar Link Blog Yuk