Saturday, December 26, 2009

Laevicaudata

Kunjungi juga webku di http://wilda.comxa.com

DESKRIPSI Laevicaudata

Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Crustacea
Kelas : Branchiopoda
Ordo : Laevicaudata

Laevicaudata memiliki dua taxa dengan beberapa ukuran yang hampir sama dengan kelompok Concostraca, atau sejenis kijing (remis), tetapi Laevicaudata termasuk kedalam monophyletic taxon. Meskipun begitu, Laevicaudata tetap merupakan kelompok dari Concostraca. Dari 200 spesies yang masih ada menggambarkan karakter yang besar, karapak bivalved yang menutupi seluruh bagian tubuh. Sehingga apabila dilihat dari luar hewan ini nampak seperti kijing yang kecil. Karapak hewan ini berisi udara, tidak seperti kelompok Notostraca. Selain itu Laevicaudata dilengkapi dengan otot melintang pada karapak yang sangat kuat.
Laevicaudata mempunyai dua antena. Antena yang pertama bersifat vestigial dan antena yang kedua sangat lebar dan biramous. Bagian mandibula Laevicaudata lebar dan bersifat triturative. Kedua bagian maxilla adalah vestigial. Bagian tubuh pertama dan kedua dari Laevicaudata jantan telah termodifikasi seperti penjepit yang digunakan untuk menjepit betina. Bagian epipodit memungkinkan berfungsi sebagai sistem osmoregulasi dari pada respirasi, meskipun dikenal sebagai insang.
Laevicaudata berbeda dengan Spinicaudata. Pada karapak Laevicaudata tidak mempunyai garis pertumbuhan konsentrik. Bagian kepala sangat lebar dan bersambung dengan bagian thorax, dan dapat menghubungkan kedua katup atau klep (valve). Tetapi bagian thorax Laevicaudata sangat pendek yaitu 10 hingga 12 segmen saja. Hewan ini tersebar di sepanjang sungai atau genangan air. Panjangnya mencapai 8mm. Sedangkan Spinicaudata valve (katup) karapak berbentuk seperti satu lembaran yang terbagi dari kanan kiri, sehingga tidak jelas antara bagian kanan dan kiri. Karapak tidak mempunyai garis pertumbuhan konsentrik. Kepala Spinicaudata sangat kecil, tidak berhubungan atau bersambung dengan thorax, dan tidak dapat diperpanjang ke luar karapak. Thorax mempunyai 16 sampai 32 segmen yang dimiliki setiap bagian appendages. Hewan ini ditemukan. Panjangnya mencapai 18mm. Jauh lebih panjang dari pada Laevicaudata.

0 komentar:

Post a Comment

BUDAYA BERKOMENTAR SANGAT BAIK... AYO BERKOMENTAR!!

Follow Twitterku

Tukar Link Blog Yuk