Saturday, April 14, 2012

CARA MEMBUAT RELATED POST BERGAMBAR

Ada yang berbeda dengan tampilan blog referensi registrasi dari minggu yang lalu. Blog ini telah memuat related post atau posting terkait atau juga tulisan yang berhubungan. Yang membuat lebih bersemangat adalah karena tampilannya yang yang cantik dan menarik, yaitu dengan memakai gambar thumbnail.

Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan dari sobat rigih di kolom komentar pada postingan pertamina blog kontes yang menanyakan bagaimana cara membuat related artikel dengan thumbnail seperti yang ada di blog saya

Bagaimana cara membuatnya ?
salah satu kelebihan cara membuat Related Post ini adalah kita tidaklah membutuhkan pengetahuan tentang teknik mengutak-atik kode HTML. Cukup dengan menggunakan jasa linkwithin.com kita sudah bisa menampilkan Posting Terkait Bergambar.


Opsi tambahannya adalah kalian bisa men-checklist tulisan My blog has light text on a dark background jika blog anda menggunakan template yang berbackground hitam dan tulisan artikelnya putih. Dan biarkan kosong/unchecklist jika background blog kita berwarna terang.

Pada linkwithin.com kita hanya diperintahkan untuk mengisi email, bloglink atau nama blog kita, memilih plattform blog dan menentukan jumlah posting terkait yang akan kita tampilkan di setiap akhir postingan.

Untuk plattform blog, tersedia 3 pilihan yaitu : Blogger, Wordpress dan Typepad. Tapi jangan khawatir, buat blogger yaang berplaform lain seperti joomla, multiply atau yang lain. Karena linkwithin.com anda juga bisa mendapatkan widgetnya walaupun harus sedikit bersusah payah dengan mengutak-atik kode HTML.

Khusus buat yang berplatform blogger, jika data yang diperlukan sudah terisi dengan benar. Klik tombol Get Widget lalu klik Add Widget. Maka widget dari linkwithin.com akan masuk ke bagian sidebar blog (sebaiknya anda harus login dulu ke blogger.com).



inin gambar salah satu tampilan related postnya:



Untuk tampilan yang lebih baik, drag lah widget yang diberikan kebagian bawah postingan (bukan di bagian footer lho). Maka tampilan postingan terkait akan muncul tepat dibawah postingan.

Bagaimana ? Mudah bukan ?
Eit.... Kelupaan, Jangan lupa disave ya hasil perubahannya.
Semoga bermamfaat dan tetap rajin berkomentar.

Cara memasang read more pada blogger baru

Baru buat read more nih..tp banyak jg ya caranya, aq pilih yang ini aja, coz lebih mudah aja gt....lht caraku yang aq lht jg dr blog teman. sangat mudah jg ternyata..so mungkin bagi sobat boleh pakai cara yang ini aja,sebelumya mhn maaf saya cuma belajar aja nih, tp cara ini adalah yang paling mudah bagi saya..coz dari pengalaman jg, dl pertama membuat read more gk dengan cara yang seperti aq pakai sekarang.


1. Buka template -> Edit HTML -> Kasih tanda tik pada menu "expand widget tempate"
2. Letakkan kode berikut persis di atasnya kode lht bawah ini:



3. cari kode berikut

dan letakkan kode ini tepat di bawahnya.


Read More..


4. Klik Simpan. Selesai.
5. Klik SETTINGS atau Pengaturan, terus klik FORMATTING atau Format. Di paling bawah ada kotak kosong di samping menu TEMPLATE POSTING. Isi kotak kosong tsb dg kode berikut:





angan lupa klik SIMPAN PENGATURAN.

NB;
untuk menempatkan read more rata kanan ato kiri anda tinggal menambahkan kode yang berwarna merah dibawah ini:





Ok, parse kode iklan udah, sekarang ini ne yang bener-bener masuk ke intinya, coding. Yang perlu kamu lakukan dalam coding :
1. Login ke blogger
2. Masuk Dashboard>Design>Edit HTML
3. Di bawah browse dan upload itu ada "Expand Widget Templates", klik pada kotaknya, dan tunggu sebentar biar loading.
4. Setelah selesai loading, kamu cari kode
di dalam Edit Template itu. Cara nyarinya biar cepet, tekan CTRL + F, di pojok kiri bawah itu ada kolom "Find", nah di kolom itu isikan kode yang dicari tadi

5. Setelah ketemu, letakkan kode di bawah kode

6. Selanjutnya, copy kode iklan yang udah di parse tadi, dan letakkan di bawah kode
7. Berikutnya, taruh kode
di bawah kode iklan yang barusan di paste tadi.
8. Sekarang Save Template dan lihat hasilnya.

"Upss, kok malah di tengah posting, bukannya tadi bilangnya di kiri? ah bo ong lu lonx", tenang-tenang, orang belum selesai semuanya juga, hehe. Nah sekarang bila kamu ingin meletakkannya di kiri ataupun kanan posting, caranya :
1. Letakkan kode
di atas kode iklan.
2. Jangan lupa letakkan kode
di atas kode sebagai penutup codingnya.
3. Selalu Save Template setelah mengedit kode html.

Pada kode
tulisan left bisa diganti right untuk penempatan kode iklan di sebelah kanan, silakan berkesperimen sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

BUDAYA BERKOMENTAR SANGAT BAIK... AYO BERKOMENTAR!!

Follow Twitterku

Tukar Link Blog Yuk